Main apa di kantor bunda?

Saat Anda hendak ngantor, tiba-tiba si pengasuh ijin pulang kampung. Itu artinya, mau tidak mau, Anda harus mengajak anak ikut serta ke kantor. Berikut beberapa kiat yang bisa Anda lakukan agar anak tak merasa bosan, sekaligus melatih kemampuan motoriknya, keahlian berimajinasi, termasuk melatih konsentrasinya. 

1. Ucapkan Salam
“Selamat pagi, tante!” adalah contoh sapaan yang bisa Anda ajarkan kepada balita. Dampingi ia ketika melakukannya. Acara berkenalan bisa terasa menyenangkan bagi anak, sebab kolega Anda akan gembira menyambutnya.
Manfaat: Melatih keterampilan bersosialisasi dan mengajarkan sopan santun.

2. Tur Keliling

Ajak anak berkeliling kantor melihat ruang rapat, perpustakan, studio atau pantry. Ajak juga naik lift dan memencet tombolnya, menuruni tangga, mengintip ruang rapat kosong, menjajal sofa di ruang laktasi.
Manfaat: Mengenalkan beragai ruang dan fungsinya, melatih motorik kasar dan halus, termasuk melatih keterampilan spasial saat membedakan ruangan besar dan kecil.

3. Mari Bekerja
Dalam suasana bermain, ajak anak membantu Anda melakukan tugas-tugas ringan, misalnya menyerahkan dokumen ke sekretaris (sebutkan nama dan posisi si Tante Sekretaris).
Manfaat: Melatih motorik halus dan kasar, mengajarkan instruksi sederhana dan melatih kerjasama

4. Aku Boss!
Pinjamkan ID Card Anda, biarkan ia duduk di kursi kerja dan berimajinasi menjadi boss. Sesekali ajak ia berdialog seolah-olah ia adalah atasan Anda.
Manfaat: Melatih imajinasi lewat bermain peran.

5. Ada Apa di Meja?
Beri balita atau anak Anda kertas dan spidol warna-warni, minta ia menggambar benda-benda di atas meja Anda seperti, komputer, pigura foto dan lain-lain. Bila bentuknya berbeda dengan yang asli, tak perlu Anda koreksi.
Manfaat: Melatih motorik halus, melatih keterampilan mensontek, mengenalkan warna dan bentuk, serta melatih konsentrasi.

Sumber: www.ayahbunda.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *